10 Hal yang Wajib Kamu Lakukan Setelah Bangun Pagi! Nomor 3 Pasti Jarang Kamu Lakukan!

1491 views

Tidur merupakan ritual untuk mengembalikan kebugaran tubuh. Dengan tidur rasa lelah setelah melakukan aktivitas seharian akan hilang. Namun apa jadinya apabila saat bangun tidur malah membuat kamu malas untuk melakukan aktivitas hari itu? Kamu dihantui rasa gampang lelah dan mudah ngantuk. Hal itu bisa jadi karena kamu salah mengolah tubuh sesaat setelah bangun tidur hingga menjelang aktivitas dimulai.

Setelah tertidur lama tubuh pastilah memerlukan penyesuaian. Ambil minimal 1 jam untuk melakukan persiapan sebelum kamu akan melakukan aktivitas yang berat. Hal ini dimaksudkan agar tubuh kamu tetap bugar dan tak mudah capek serta ngantuk saat beraktivitas.

Inilah 10 hal wajib yang harus kamu lakukan setelah bangun tidur supaya kamu siap menjalani aktivitas.

Jangan Buru-Buru Bangun, Buka Mata dahulu dan Duduk 1-2 Menit

Jangan Buru-Buru BangunKetika kamu bangun tidur, bukalah mata dahulu dan duduklah beberapa saat minimal satu sampai dua menit. Jangan buru-buru untuk beranjak dari tempat tidur. Hal ini dimaksudkan untuk mengembalikan tingkat kesadaran dan menyeimbangkan badan. Perpindahan dari posisi tidur yang cukup lama akan membuat tubuh memerlukan penyesuaian. Jadi ketika kamu bangun tidur usahakan untuk duduk sesaat. Ini dimaksudkan agar tingkat kesadaran dan aliran darah dapat mengalir normal. Atur kembali nafas kamu agar saat memulai berdiri dan jalan kamu tidak akan merasakan pusing.

Buka Jendela Kamar Biar Udara Segar Pagi Hari Masuk ke Kamarmu

Buka Jendela KamarMembuka jendela kamar di pagi hari sangat membantu kamu untuk menghirup angin segar setelah bangun tidur. Angin ini akan membuat dirimu merasa nyaman. Selain itu, sirkulasi udara di kamar kamu juga akan berjalan baik dan pastinya membuat kamu sehat.

Tak hanya sampai disini, cahaya matahari pagi mengandung vitamin D. Vitamin ini sangat baik buat tubuh dimana dapat mengurangi gula darah, memperbaiki tulang, kekebalan dan puluhan manfaat lainnya. Selain itu pancaran sinar matahari juga akan membantu membunuh kuman-kuman dan mengurangi kelembaban yang ada di kamar kamu.

Minum Air Putih di Pagi Hari Melancarkan Pembuangan Racun Tubuh

Minum Air PutihDua gelas air putih di pagi hari adalah salah satu cara membantu memperlancar pembuangan racun tubuh. Racun akan terbawa pada aliran air yang nantinya bermuara menjadi urin. Selain itu, minum air putih akan membantu menyegarkan badan kamu dan menghilangkan rasa kantuk. Tak hanya sampai disini, manfaat air putih tentunya juga menjaga tubuh dari dehidrasi akibat tidur semalaman.

Minumlah air putih dengan posisi duduk,

karena pada posisi duduk, apa yang kamu minum akan berjalan pada dinding usus dengan perlahan dan lembut. Lain halnya jika kamu minum dengan posisi berdiri. Hal ini menyebabkan jatuhnya cairan dengan keras ke dasar usus. Jika  hal ini terjadi berulang-ulang dan dalam jangka waktu lama bisa dibayangkan apa yang akan terjadi dalam usus kamu”.

Buang Air Kecil

Buang Air KecilSegerakanlah buang air kecil atau kencing setelah bangun tidur ini sangat penting. Selama kita tidur ternyata bagian tubuh kita ada yang tetap bekerja, liver salah satunya. Salah satu organ dalam tubuh kita ini melakukan fungsinya yaitu untuk metabolisme dalam tubuh. Liver juga berfungsi menghilangkan toxic atau racun dari dalam tubuh.

Jadi bisa dibayangkann jika liver dalam tubuh kita mengalami kerusakan. Racun-racun yang seharusnya diolah dan dikeluarkan dalam tubuh kamu malah justru bertahan di dalam tubuh. Kerusakan pada liver tak hanya berbahaya, namun juga dapat berujung kematian. Oleh sebab itu, menjaga dan merawat kesehatan liver amatlah penting.

Syeda Kiran Zahra Hussain seorang terapi nutrisi holistic dari Amerika Serikat menjelaskan salah satu penyebab kerusakan liver adalah tidak menyegerakan buang air kecil saat bangun tidur pagi hari. Hal ini dimaksudkan untuk mengeluarkan racun-racun dari dalam tubuh kamu yang telah di oleh liver dalam bentuk urin.

Cuci Muka, Untuk Menghilangkan Kotoran Dan Minyak di Wajah

Cuci MukaWajah berminyak saat bangun tidur adalah hal yang biasa. Selain melalui urin, tubuh juga membuang kotoran melalui minyak yang ada di wajah. Cuci muka saat bangun tidur adalah salah satu cara membersihkan kotoran dan minyak di pagi hari.

Selain itu, mencuci muka setelah bangun tidur adalah salah satu cara mengusir rasa kantuk. Karena dengan mencuci wajah menggunakan air dingin di pagi hari, wajah kamu akan terasa segar dan siap untuk memulai aktivitas. Sebelum mencuci muka pastikan tangan kamu bersih dari segala kotoran.

Sisir Rambut, Agar Tingkat Kepercayaan Diri Kamu Meningkat Tajam

sisir rambutIngin terlihat cantik saat bangun tidur adalah dambaan setiap wanita. Posisi bangun tidur adalah dimana saat terlihat begitu buruk, begitulah menurut banyak para wanita. Rambut berantakan, muka berminyak, bibir pecah-pecah dan sebagainya. Dengan menyisir rambut setiap pagi selain menumbuhkan tingkat kepercayaan diri kamu, hal ini ternyata juga menyehatkan. Menyisir rambut akan membantu membersihkan kulit kepala kamu dari kotoran yang melekat. Kotoran di rambut akan hilang dan rambut kamu akan terlihat lebih rapi dan bersih.

Stretching 5 – 10 Menit Untuk Mengendurkan Otot-otot Yang Kaku Saat Tidur

Stretching 5 – 10 menitLakukan stretching atau peregangan saat bangun tidur secara perlahan, seperti memutar badan ke kanan dan ke kiri. Hal ini akan membantu tubuh kamu terasa lebih bugar dan pastinya membuat pikiran kamu lebih fresh. Selain itu, dengan melakukan peregangan di pagi hari juga akan menjauhkan dari cidera karena dapat mengendurkan otot-otot kamu. Sehingga saat digunakan untuk melakukan aktivitas yang berat ototmu sudah siap.

Mandi Akan Membantu Menyegarkan Tubuh Setelah Tidur Semalaman

mandiMandi dengan air dingin selain akan membuat tubuhmu besih juga akan membantu menyegarkan setelah tidur semalaman. Karena air dingin di pagi hari banyak mengandung karbondioksida yang bermanfaat dalam proses pengeluaran racun-racun dalam tubuh. Tak hanya sampai disini, manfaat lain dari mandi pagi juga dapat memperlancar peredaran darah, menghindarkan dari penyakit rematik, menurunkan tingkat stres dan lainnya. Jadi usahakan mandi pagi sebelum melakukan aktivitas, mandi pagi juga menghindarkan kamu dari bau badan yang tak sedap sehingga kamu akan merasa percaya diri dalam menjalakan aktivitasmu.

Sarapan di Pagi Hari Sangat Dianjurkan Sebelum Melakukan Aktivitas

Sarapan PagiSaat memulai aktivitas tentunya tubuh butuh energy yang banyak, terlebih untuk kamu yang melakukan aktivitas di lapangan. Panas, hujan, jalan jauh akan menguras tenaga kamu, sehingga sarapan adalah hal yang penting untuk menjaga tubuh tetap berenergi. Dengan mengkosumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan protein tinggi saat sarapan, tubuh kamu akan jadi lebih bertenaga untuk aktivitas sepanjang hari. Selain membuat tubuh menjadi bertenaga, dengan sarapan pagi juga akan menjauhkan kamu dari rasa kantuk.

Jangan Lupa Gosok Gigi ya, Untuk Membersihkan Sisa-sisa Makanan Setelah Sarapan

Gosok GigiSetelah semua persiapan dilakukan untuk memulai aktivitas kerja kamu juga perlu memperhatikan tampilan wajah kamu terutama pada bagian mulut. 15 menit setelah sarapan pagi segeralah menggosok gigi. Hal ini dimaksudkan untuk membersihkan noda-noda makanan yang tersisa di sela-sela gigi dan membantu menyegarkan bau mulut.

Inilah 10 hal yang wajib kamu lakukan sebelum memulai aktivitas di pagi hari. Selamat beraktivitas. Tetap semangat yaa…!!

apa sih yan dilakukan setelah bangun tidur bangun tidur yang menyehatkan kegiatan setelah bangun tidur setelah bangun tidur ngapain ya

No related post!

Leave a reply

5 × 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.