10 Manfaat Sarapan Pagi Yang Bisa Membuatmu Berenergi Sepanjang Hari!

897 views

Bayangkan kamu selalu memiliki pagi dengan tubuh dan jiwa yang sehat? Karena pagi adalah waktu esensial yang akan menentukan bagaimana kamu akan menjalankan aktivitasmu sepanjang hari. Apa yang bisa kamu lakukan di pagi hari untuk membuat hari-harimu menjadi lebih bersemangat? Kami punya jawabannya.

Sarapan Pagi seringnya dirasakan sebagai hal yang sepele, padahal sebagai informasi nih sarapan pagi merupakan pangkal nutrisi bagi tubuhmu, untuk menopang berbagai aktivitasmu. Berbekal sarapan pagi ini akan membuat kegiatanmu berjalan baik dan membuatmu lebih bersemangat. Nah untuk lebih memantapkan pilihanmu, berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan dari Sarapan.

Meningkatkan Fokus atau konsentrasi otak

Meningkatkan Fokus atau konsentrasi otak

Konsentrasi yang lebih baik via kqed.org

Ketika tertidur saat malam hari, tubuh kita mengalami proses metabolisme tubuh yang menyebabkan penurunan kadar gula yang drastis sehingga tidak mengherankan ketika terbangun saat pagi hari terkadang kita merasa lemas, benar saudara-saudara? Sedangkan penting bagi tubuh kita untuk memiliki kembali energi yang hilang yang akan kita gunakan untuk berpikir, yang mana otak kita sebenarnya membutuhkan kadar glukosa sebagai sumber energi utama untuk memudahkan kita agar dapat berkonsentrasi secara lebih baik pada berbagai aktivitas yang akan kita jalankan.

Sebagai sumber energi utamamu di pagi hari

Sebagai sumber energi utamamu di pagi hari

lebih bersemangat via molto.co.id

Agar dapat menjalankan berbagai aktivitas sepanjang hari, pastinya harus kamu mulai dengan memberikan asupan terbaik di pagi hari. Ketika kamu sarapan, maka energi yang kamu dapatkan akan memberikan banyak energi tambahan bagi tubuh, sehingga sesibuk apapun kegiatan yang kamu hadapi, kamu akan tetap selalu berenergi karena ditunjang oleh sarapan pagi yang telah kamu konsumsi. Sumber energi ini bisa kamu dapatkan dengan mudah, seperti dengan mengkonsumsi roti, susu, atau jika dengan makanan berat bisa mengkonsumsi makanan seperti sup sayuran hijau yang mengandung banyak serat.

Menjaga berat badan

Menjaga berat badan

menjaga berat badanmu via isigood.com

Memiliki berat badan yang idel tanpa harus berusaha keras menahan lapar? Siapa bilang kamu harus bersusah payah untuk menahan rasa laparmu? Nah, kami punya salah satu kunci untuk menjaga agar berat badanmu tetap seimbang serta tetap bersemangat ketika menjalankan aktivitas.

Kamu pastinya bertanya-tanya mengapa sarapan dapat menjaga berat badanmu? Mari kita simak! Hal ini dikarenakan ketika kamu sarapan, maka makanan yang kamu konsumsi ketika sarapan akan menekan rasa lapar yang berlebihan saat siang hari. Ini akan membuatmu mampu untuk  mengurangi porsi makan siangmu yang pastinya akan sangat mempengaruhi proses dietmu bukan? Tunggu apa lagi?

Menjaga perasaanmu. Hmm?

Menjaga perasaanmu. Hmm?

menjaga perasaan via deviantart.com

Bukan hanya gebetan idaman  yang bisa menjaga perasaanmu tapi sarapan juga bisa menjaga perasaanmu hehe. Lebih tepatnya adalah untuk menjaga mood kamu, bagaimana bisa? Buktinya banyak hasil penelitian yang menyatakan bahwa orang yang sarapan di pagi hari akan memiliki mood yang lebih baik dibandingkan dengan seseorang yang tidak terbiasa untuk sarapan. Pastinya kamu bertanya kenapa? Jawabannya adalah ketika kamu menyempatkan diri untuk sarapan, maka energi yang dimiliki dalam tubuh serta glukosa dalam otakmu akan membuatmu kamu bisa berpikir lebih positif serta menjaga emosi kamu agar lebih stabil untuk menghadapi berbagai hal yang akan kamu hadapi sehingga perasaanmu akan lebih terjaga loh.

Sakit maag?

Sakit maag?

sakit maag via wordpress.com

Nah nah nah… Penyakit maag merupakan satu penyakit yang sering dialami oleh banyak orang, dan sayangnya terkadang penyakit ini diabaikan, padahal akan membawa dampak yang kurang baik bagi lambung kita. Ternyata dengan membiasakan diri untuk sarapan pagi, sakit maag dapat di cegah. Karena ketika lambungmu terisi makanan maka asam lambungmu akan dinetralisir, sehingga kamu bisa lebih leluasa untuk menjalankan aktivitas karena sudah terbebas dari meningkatnya asam lambung yang membuat perut terasa sangat sakit..

Mencegah Diabetes

Mencegah Diabetes

diabetes via http://conpherm.com

Lebih baik kamu mencegah daripada mengobati ya.. Kamu pasti sering mendengar slogan diatas serta kaitannya tentang penyakit gula atau diabetes, yaitu tingginya kadar gula didalam tubuh yang tidak terkontrol, hal ini juga disebabkan karena berat badan yang berlebihan serta gaya hidup yang kurang baik. Nah hubungannya dengan sarapan adalah ketika kamu membiasakan diri untuk sarapan, maka seraca tidak langsung akan menekan rasa laparmu dan aktivitas makanan yang lebih teratur.

Selain itu, beberapa penelitian menerangkan bahwa dengan melakukan sarapan setiap hari akan menghasilkan kadar gula yang rendah nutrisi yang tinggi seperti serat dan protein, dan ini akan berdampak mengembalikan kadar gula darah pada batas normal.

Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh

Menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh

kolesterol jahat via cakrawalasehat.blogspot.co.id

Tingginya kadar kolesterol akan memberkan pengaruh negatif bagi tubuh, sehingga meningkatkan terjadinya berbagai resiko komplikasi penyakit lainnya, seperti serangan jantung yang sangat mematikan. Nah, salah satu cara untuk menurunkan kolesterol adalah dengan sarapan pagi, ketika memilih makanan yang akan dikonsumsi usahakan untuk memilih makanan yang sehat dan olahan tanpa menggunakan minyak sayur. Seperti, mengkonsumsi oatmeal dan buah-bauahan seperti buah anggur yang banyak mengandung mineral dan serat.

Mencerahkan kulit

Mencerahkan kulit

kulit cerah via vemale.com

Tidak hanya mempengaruhi kesehatan tubuh, jiwa, kecerdasan juga kecantikan. Salah satu hal yang berpengaruh dari sarapan pada kecantikan adalah menu sarapan telur. Kandungan dalam telur akan membantu peremajaan kulit kamu dengan menjaga elastisitas kulit dan melindungi kulit dari bahaya radikal bebas. Tetapi diusahakan jangan mengkonsumsi terlalu banyak telur karena akan meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuhmu.

Meningkatkan sistem imun

Meningkatkan system imun

imunitas tubuh via obatimunitas.com

Memiliki pertahanan tubuh yang baik akan membawa banyak dampak baik bagi tubuh kita, diantaranya mencegah kestabilan kesehatan kita dari berbagai virus disekitar kita. Nah, penting bagi tubuh kita untuk menerima asupan gizi di pagi hari, sehingga meningkatkan daya tahan tubuh kita ketika memiliki aktivitas yang banyak dan aktivitas pada berbagai jenis lingkungan.

Makanan yang dapat mendukung sarapan agar lebih maksimal

Makanan yang dapat mendukung sarapan agar lebih maksimal

sarapan bergizi via seputarfitness.com

Dari berbagai poin diatas kita sudah dapat mengetahui tentang manfaat yang didapatkan ketika kamu memiliki sarapan. Tahapan selanjutnya adalah makanan seperti apa yang sebaiknya kita konsumsi agar sarapan kita menjadi lebih maksmial untuk membangun pertahanan tubuh kamu dan baik untuk aktifitas sehari-hari. Yang paling pertama adalah makanan yang mangandung serat plus segelas susu yang kaya akan kalsium serta protein dan lemak. Selanjutnya dapat kamu lengkapi dengan roti atau bisa kamu varisasikan dengan buah-buahan sebagai asupan gizi tambahan bagi tubuh.

Berbagai hal diatas merupakan manfaat yang akan kamu dapatkan ketika memiliki sarapan, bukan hanya menyehatkan tubuh kamu seara fisik tetapi juga secara psikologis. Menarik bukan? Oh ya ditambah lagi nih ketika kamu berhasil menyempatkan diri untuk melakukan sarapan pagi, maka secara perlahan tentunya akan membiasakan dirimu untuk bangun lebih pagi dan memiliki pengaturan waktu yang lebih baik lagi. Karena secara tidak langsung pasti kamu akan berusaha bangun pagi untuk sarapan dan tentunya itu akan membawa dampak baik bagi tubuhmu, yaitu terasa lebih segar dan kebiasaan bangun lebih awal di pagi hari yang akan memberikan banyak keuntungan.

manfaat sarapan pagi sarapan dapat mencegah diabetes sarapan pagi yang berkualitas

No related post!

Leave a reply

13 + 16 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.