11 Cara Mudah Untuk Menjadikan Berat Badanmu Ideal!

549 views

Pada saat ini, banyak wanita menganggap kecantikan adalah segala segalanya. Berat badan ideal merupakan salah satu ukuran dari kecantikan itu. Banyak orang berlomba lomba diet untuk mendapatkan tubuh langsing bak gitar spanyol. Apakah kamu salah satu diantaranya?

Tahukah kamu bagaimana cara diet sehat yang mudah dilakukan tanpa perlu menyiksa tubuhmu? Berikut langkah langkahnya.

Banyak minum air putih

Air putih

Air putih via http://sehatnesia.com

Air merupakan komponen utama tubuh kita. Hampir 75% tubuh kita terdiri dari air. Oleh karena itu, meminum air 8 gelas sehari atau lebih akan membuat metabolisme tubuh berjalan dengan baik dan tidak menghambat pengurangan berat badan kamu.

Selain itu, meminum banyak air juga akan menetralisir racun terutama dari racun-racun jahat yang beredar di seluruh tubuh. Ketika kamu banyak minum air, pencernaanmu pun menjadi lebih lancar dan kamu menjadi lebih sehat. Jadi jangan lupa untuk banyak minum air yaa.

Batasi jumlah makanan yang dimakan dalam sehari

Hitung kalori

Hitung kalori via http://cdn.klimg.com/

Bila kamu mau menurunkan berat badan, mau gak mau kamu harus mengurangi jumlah makanan yang kamu konsumsi. Atau bahasa kerennya menghitung kalori yang masuk ke dalam tubuhmu, apakah sesuai kebutuhan atau tidak.

Jangan sampai kalori dari semua makanan yang kamu konsumsi melebihi dari kalori yang kamu butuhkan dalam seharinya. Oleh karena itu penting untukmu mengetahui berapa jumlah kalori yang kamu butuhkan serta kalori makanan yang akan kamu konsumsi.

Jangan khawatir bila kalori yang kamu konsumsi lebih sedikit dari jumlah kalori yang kamu butuhkan karena lemak yang ada didalam tubuhmu akan diubah oleh tubuh menjadi energi yang kamu perlukan. So, gak usah khawatir dan kamu juga akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Memilih Makanan yang Ingin di Konsumsi

Makanan sehat

Makanan sehat via http://makananuntukdietsehat.com

Selain membatasi jumlah makanan untuk kamu konsumsi tentu kamu juga harus memilih-milih makanan untuk kamu konsumsi setiap harinya. Bila tidak bisa jadi bukannya jadi tambah kurus, malah kamu bisa mendapatkan tambahan berat badan yang tak kamu inginkan.

Makanan yang sebaiknya kamu pilih sebaiknya rendah lemak dan mampu mengenyangkan perutmu dalam jumlah sedikit. Sebaiknya kamu jangan mengkonsumsi makanan yang di goreng ataupun makanan mengandung minyak lainnya.

Usahakan kamu mengkonsumsi makanan yang di rebus. Seperti jagung rebus, ubi rebus, kentang rebus, ataupun sayuran rebus seperti wortel dan brokoli. Sedangkan untuk protein sebaiknya jangan mengkonsumsi yang di goreng ataupun mengandung santan karena kandungan lemaknya yang sangat tinggi.

Makan makanan berserat

Roti gandum

Roti gandum via http://obatsusahbabuntukibuhamil.com

Untuk mengenyangkan kamu dan perutmu, tentu akan lebih baik jika kamu hanya perlu menkonsumsi sedikit makanan berkalori rendah namun mampu membuatmu merasa kenyang seharian.

Oleh karena ini sebaiknya kamu konsumsi makanan yang tinggi serat seperti sayuran dan buah buahan. Untuk karbohidratnya kamu bisa mengkonsumsi roti gandum ataupun oat quacker. Selain menyehatkan, mengkonsumsi makanan berserat juga akan melancarkan pencernaanmu lhoo.

Kurangi makanan pedas dan asam

Cabe

Cabe via https://nonikhairani.files.wordpress.com/

Menurut beberapa penelitian, memakan makanan pedas akan meningkatkan nafsu makan. Oleh karena itu, jika kamu mengkonsumsi makanan pedas kamu akan memakan lebih banyak makanan, dan pasti kalorinya akan bertambah. Jika kalori bertambah, diet mu gagal dong.

Selain makanan pedas, makanan asam juga bisa menaikkan nafsu makan kamu. Entah bagaimana teori ini bermula. Tapi banyak sumber yang menunjukkan pengaruh dari makanan asam dan pedas. Jadi sebaiknya kedua hal ini kamu hindari yaa.

Kurangi minum minuman dingin

Es

Es via http://assets-a1.kompasiana.com/

Menurut beberapa penelitian, minuman dingin dapat mengubah lemak kamu jadi lemak yang jenuh. Dan ketika lemak mu berubah menjadi jenuh, maka kamu akan kesulitan untuk melanjutkan penurunan berat badanmu.

Sebaiknya, kamu mengkonsumsi air putih hangat setiap pagi, selain untuk menurunkan berat badan, air hangat juga mampu membantu menjaga metabolisme tubuh dan kesehatanmu. Minum air hangat setiap pagi juga diketahui dapat membuatmu awet muda loohhh.

Hindari minuman bergula tinggi

Soft drink

Soft drink via http://i.startsatsixty.com.au

Seperti yang telah diketahui bahwa gula memiliki kalori yang tinggi. Dan gula pada minuman biasanya memiliki kadar yang angat besar, dan biasanya cairan akan lebih mudah diserap oleh tubuh. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu mengurangi ataupun menghindari makanan dan minuman dengan kadar gula yang tinggi yaa.

Minum vitamin

Vitamin

Vitamin via http://esna.in

Tentu kamu akan memerlukan tubuh yang prima agar metabolism tubuhmu tetap terjaga dan tiak sakit saat sedang melakukan diet. Karena jika kamu sakit, tentu saja diet yang kamu lakukan tidak bisa dikatakan berhasil.

Untuk mendapatkan tubuh yang prima, sebaiknya kamu mengkonsumsi vitamin ataupun makanan yang tinggi vitamin seperti jeruk dan jambu merah yang kaya akan vitamin C.

Rajin olah raga

Olah raga

Olah raga via http://i58.tinypic.com/2d0j80z.jpg

Selain menjaga pola makan, olah raga juga merupakan komponen penting dalam menjalankan dietmu. Olah raga yang teratur akan membuat jantungmu lebih sehat dan badanmu akan terasa menjadi lebih bugar.

Sambil menjalankan pola makan yang baik dan sehat, ada beberapa olah raga ringan yang bisa kamu lakukan disela sela waktu luangmu seperti,

Bersepeda, kamu bisa mengganti kendaraan bermotormu dengan sepeda bila ingin berpergian dengan jarak yang tidak terlalu jauh. Dengan bersepeda kamu akan lebih mengenal lingkungan sekitar dan bisa menghirup udara segar jika kamu berangkat di subuh hari.

Jogging

Kamu juga bisa mengisi waktu luangmu di pagi hari dengan menyempatkan diri lari pagi sekitar 30 hingga 60 menit. Sebaiknya kamu lari di subuh ataupun sore menjelang malam hari agar suasana lebih sejuk dan tidak banyak yang menghalangi lari mu.

Senam

Bila kamu tidak suka melakukan aktivitas outdoor, alternatif ini bisa kamu jadikan jalan untuk menuju berat badan ideal. Kamu bisa mencari klub senam ataupun sanggar aerobik untuk melakukan senam secara masal, atau kamu bisa mencari video senam di internet dan melakukannya di rumahmu kok.

Bulatkan Tekad

Tekad

Tekad via https://donnypaolung.files.wordpress.com/

Setelah kamu mengetahui berbagai tips untuk diet. Kamu harus membulatkan tekadmu dan meyakinkan diri sendiri bahwa kamu sungguh sungguh ingin menurutkan berat badanmu dan kamu ingin menjalani pola hidup sehat yang baik untuk tubuhmu.

Dengan tekad yang kuat, godaan sebesar apapun tentu tidak akan menghalangimu untuk mencapai tujuanmu yaitu hidup yang sehat dan berat badan ideal. Sebaliknya, tanpa tekad yang kuat, apa yang telah kamu baca tadi tidaklah berguna, kamu bisa lebih mudah untuk tergoda akan makanan favoritmu yang tinggi lemak.

Berdoa

Berdoa

Berdoa via http://www.kisah-motivasi.com/

Setelah tekadmu kuat, dan kamu mulai menjalankan pola hidup sehat mu melalui makanan dan olah raga, kamu juga tidak boleh lupa kepada Yang Maha Kuasa, karena sekuat apa tekadmu jika Dia berkata lain, maka usahamu percuma.

Jadi, sempatkanlah dirimu untuk berdoa kepadaNya dan pintalah apa yang kamu inginkan dan katakan apa yang telah kamu usahakan untuk mendapat yang kamu inginkan ini. Mudah mudahan Beliau mendengar doamu dan memberikanmua hasil seperti yang telah kamu harapkan.

Kira kira inilah yang harus kamu perhatikan dan lakukan untuk mendapatkan berat badan ideal dan hidup yang lebih sehat. Semoga berhasil dan jangan mudah menyerah yaa!

berat badan ideal cara ideal turunkan berat badan turun berat badan

No related post!

Leave a reply

12 − 12 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.