5 Bekal dan Hidangan Pagi Dari Negara-Negara Ini layak Kamu Coba Agar Pagimu Makin Berwarna!

488 views

Pagi hari selalu menjadi awal dimulainya aktivitas harianmu. Maka tidak kalah penting kalau kamu mendukung kebutuhan stamina pagimu dengan sarapan. Menu sarapan haruslah dihidangkan dengan nutrisi dan vitamin yang lengkap. Karena aktivitasmu yang padat dan menyita banyak energi, maka sarapan di pagi hari dengan menu yang lengkap sangatlah penting.

Tapi tidak semua orang dapat menyiapkan menu lengkap untuk sarapan pagi dengan cepat. Keterbatasan waktu dan kadang merasa enggan repot-repot dan terlalu lama bekerja didapur ketika pagi hari, membuat kamu lebih sering menyiapkan sarapan instan yang cukup sederhana. Misalnya roti panggang dan segelas susu, sudah sangat sering kamu siapkan tiap pagi. Kadang kamu juga sering berusaha menyiapkan nasi goreng dengan telur mata sapi yang tidak begitu memuaskan hasilnya karena memasaknya dengan terburu-buru.

Untuk kamu para wanita, menyiapkan sajian sarapan di pagi hari merupakan momen yang wajib dan tidak boleh terlupakan. Karena sebagai langkah awal membiasakan diri sebelum berkeluarga. Jadi kamu tidak bisa melewatkan santapan pagi hari, disini terdapat beberapa menu yang layak kamu coba untuk menjadikan menu santap pagimu lebih berwarna. Menu makanna ini tentu saja disiapkan dengan sangat cepat dan bisa menyesuaikan keadaanmu saat malas menyiapkan sarapan di pagi hari. Karena penyajiannya yang cukup sederhana tapi kaya akan energi, maka berikut beberapa resepnya:

Nasi Gulung dan Kimchi Menjadi Andalan Saat Sarapan Khas korea

Menu Sarapan dengan Kimbap dan Kimchi

Menu Sarapan dengan Kimbap dan Kimchi via youtube.com

Korea identik dengan menu makanan yang lengkap. Bukan hanya menu sarapan yang dihidangkan pada pagi saja, menu yang lengkap disajikan tiap waktu. Ada beberapa sajian menu yang layak ada di meja makan jika kamu ingin menikmati santap sarapan khas korea. Mulai dari galbi atau iga panggang yang disajikan bersama nasi-tauge menambah kesan sehat dimulai di pagi hari. Kemudian kimchi yang merupakan irisan lobak dengan bumbu khas dan mengalami fermentasi juga ada di setiap menu masakan pagi.

Menu sarapan yang paling lazim dihidangkan adalah kimchi, namun tidak menutup kemungkinan untuk mneyajikan kimchi saat makan siang ataupun makan malam bagi masyarakat korea. Kimchi yang merupakan menu masakan sehat terdiri dari campuran kubis, lobak, mentimun dan wortel ditambahkan dengan bumbu khusus hasil campuran bawang putih, cabai bubuk, daun bawang dan lainnya.

Kemudian kimchi difermentasi selama beberapa hari untuk akhirnya dapat dihidangkan. Karena kimchi mengalami proses fermentasi, maka hidangan ini dapat disajikan dan disimpan selama beberapa kali. Biasanya masyarakat korea menikmati kimchi dengan nasi dan kimbap (nasi gulung sayuran).

Adapun nasi gulung sayuran terbuat dari nasi yang dilapisi dengan seaweed, kemudian ditambahkan dengan potongan sayuran segar seperti wortel, mentimun, kacang panjang, dan kubis. Sedikit berbeda dengan sushi, karena kimbap banyak menggunakan sayuran dalam gulungan nasinya. Untuk kamu yang menyukai telur dan sosis, juga bisa ditambahkan kedalamnya. Jadi dengan menyantap kimbap sebagai sarapan, kamu akan memperoleh energi tinggi.

Namun kadang menyiapkan kimchi dan kimbap juga dirasa cukup sulit, untuk itu kamu yang tidak ingin repot-repot menyiapkan masakan tersebut, maka kamu bisa mencoba resep Gaeran Toast-U yang merupakan sandwitch panggang dengan kubis dan penyedap rasa. Menu ini memang bukan merupakan menu khas masyarakat tradisional korea, namun patut dicoba untuk mengawali hari kamu. Gaeran Toast-U mirip dengan sandwitch pada umumnya yang sering ditemui, tapi yang membedakan hanyalah cita rasa khas koreanya.

Cobalah Mulai Pagimu dengan Berkreasi Bento Khas Jepang

Bento Untuk Porsi Dewasa

Bento Untuk Porsi Dewasa via j-cul.com

Selanjutnya beralih ke negara tetangganya, yaitu Jepang. Jepang merupakan salah satu negara yang cukup dikenal dengan hidangan kreatifnya dimeja makan atau sebagai bekalnya. Bukan hanya itu, masyarakat Jepang juga rajin mengkreasikan menu makanannya, baik yang disajikan di meja makan, ataupun makanan yang dibuat sebagai bekal.

Bento merupakan salah satu kebudayaan sekaligus ciri khas jepang dalam menyebut sajian makanan yang disiapkan sebagai bekal. Bento di jepang, bukan sebatas dibuat untuk anak kecil, karena di Jepang sudah banyak variasi bento yang disesuaikan dengan takaran kebutuhan gizi yang dibutuhkan tiap orang.

Ciri khas yang diberikan dalam penyajian sarapan bentuk bento adalah terletak pada hiasan atau desain makanan yang bertujuan untuk meningkatkan nafsu makan. Bento sebenarnya terbuat dari komposisi makanan yang sering ditemukan pada umumnya, seperti nugget, sayuran, buah-buahan, nasi dengan nori atau rumput laut, daging dan variasi seafood lainnya.

Penyajian bento juga disesuaikan dengan prinsip penyajian sarapan pada umumnya, yaitu kandungan gizi yang seimbang. Gizi yang seimbang untuk anak-anak biasanya lebih kompleks dibandingkan dengan gizi yang dibutuhkan orang dewasa. Dari segi tampilan bento juga cukup berbeda antara Bento untuk orang dewasa dengan bento untuk balita atau anak-anak. Bento yang disajikan untuk anak-anak biasanya lebih bervariasi dan unik, biasanya berbentuk karakter favorite.

Sarapan Khas Indonesia Tak Kalah Simple Untuk Disiapkan

Nasi Goreng Sederhana

Nasi Goreng Sederhana via qraved.com

Sebenarnya menu sarapan di Indonesia cukup beragam dan sangat menarik untuk dicoba. Namun keterbatasan waktu dan keinginan untuk mendapatkan segala sesuatunya secara instan, membuat masyarakat melupakan adat menyajikan sarapan untuk keluarga semacam ini. Mulai saat ini cobalah siapkan menu sarapan yang lebih bergizi.

Nasi goreng, bubur ayam, dan soto merupakan salah satu menu masakan untuk sajian sarapan pagi perlu kamu coba. Untuk membuat nasi goreng sederhana yang dapat kamu siapkan dengan cepat pada pagi hari, kamu hanya membutuhkan bumbu berupa cabai, bawang merah, bawang putih, kecap manis, dan telur.

Cara membuatnya dimulai dengan menumis bumbu yang ada, kemudian masukkan telur dan aduk sebentar. Setelah itu baru kamu tambahkan nasi dan aduk hingga bumbu merata. Aroma yang sedap menandakan bahwa bumbu telah tercampur merata. Kamu hanya perlu menunggunya sebelum nasi goreng masak sempurna.

Cita Rasa Khas Turki juga Tertuang pada sajian Sarapannya

Menu Sarapan Khas Turki Kaymak

Menu Sarapan Khas Turki Kaymak via sayangi.com

Turki merupakan salah satu negara yang banyak memiliki keanekaragaman cita rasa khasnya. Terkenal dengan menu jajanan khas yang disajikan pada street food, seperti kebab dan sebagainya. Disisi lain turki juga memiliki kebiasaan dan kuliner khas yang dijadikan sebagai hidangan pagi.

Sarapan yang lazim disajikan oleh masyarakat Turki terdiri dari Kaymak dan menemen. Kaymak merupakan lemak susu sapi, kambing atau kerbau yang diolah sehingga memiliki struktur yang lembut dan cita rasa yang khas. Kaymak biasanya disajikan bersama dengan menemen yang merupakan campuran telur orak – arik, tomat, cabai, dan minyak zaitun khas turki.

Menu Favorite Sarapan Khas Swedia

Pannkakor Khas Swedia

Pannkakor Khas Swedia via blog.sweden.se

Pannkakor adalah menu sarapan khas swedia yang perlu kamu coba. Pannkakor terbuat dari adonan tipis yang digoreng terhadap kedua sisinya seperti crepe. Biasanya disajikan bersama buah-buahan. Pannakakor sebenarnya sebutan di Swedia untuk Pancake.

Sama halnya dengan membuat pancake yang membutuhkan bahan seperti tepung terigu, baking powder, mentega, telur, gula, susu cair, dan vanili sebagai bahan tambahannya. Cara membuatnya hanya dengan mencampurkan semua bahan yang ada, kemudian aduk merata. Setelah itu tambahkan telur dan susu cair. Masukkan juga mentega pada adonan tersebut, dan tunggu 15 menit sebelum akhirnya adonan dapat dimasak. Biasanya penambahan selai dan eskrim sangat cocok untuk disantap bersama pannkakor ini.

Sajian special pannkakor khas Swedia tidak akan lengkap jika belum ditambahkan dengan susu hangat atau cokelat panas yang disajikan di pagi hari. Membuat harimu semakin manis dan bersemangat mengawali hari.

hidangan pagi dari berbagai negara hidangan sarapan pagi menu sarapan unik pentingnya sarapan

No related post!

Leave a reply

15 + 12 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.