Cara Menghilangkan Stres Menurut Islam Yang Terbukti

3241 views

Cara Menghilangkan Stres Menurut Islam Yang Terbukti – Pada kesempatan hari ini, penulis akan membahas mengenai tips ampuh meredakan stress pada remaja dan pikiran. Stress terbagi ke dalam dua macam yakni stress berat dan stress ringan. Namun yang sering dialami oleh kebanyakan manusia adalah stress ringan. Adapun orang yang mengalami stress berat bisa mengakibatkan sesuatu yang membahayakan dirinya seperti timbulnya berbagai penyakit kejiwaan, gila hingga bisa berujung bunuh diri. Agama Islam memberikan tuntunan kepada manusia agar terhindar dari stress yang merupakan gangguan kejiwaan yang perlu diobati secara segera.

Cara Menghilangkan Stres Menurut Islam Yang Terbukti

Cara Menghilangkan Stres Menurut Islam Yang Terbukti (www.merdeka.com)

Jika ingin panjang umur dan badan tetap sehat maka sudah selayaknya setiap orang menghindarkan diri dari stress. Penulis juga seringkali dihinggapi perasaan stress ketika bergelut dalam dunia pekerjaan yang itu-itu saja seperti monoton. Cara praktis untuk menghilangkan stress yang paling ampuh pada saat itu adalah berhenti melakukan aktifitas pekerjaan dan memilih untuk refreshing atau rekreasi. Refreshing ada dua cara yakni dengan cara pergi keluar ruangan kantor dan berjalan-jalan sekitar taman ruangan kantor untuk mencari udara segar. Lalu cara selanjutnya bisa mengambil cuti libur dan melakukan rekreasi ke sebuah tempat wisata. Setelah kembali dari refreshing itu dijamin badan dan pikiran segar kembali dan bisa kembali bekerja secara lebih produktif lagi.

Setiap manusia pasti pernah mengalami yang namanya stres ringan. Pemicu utama terjadinya stres lantaran tidak sesuainya harapan dengan kenyataan. Sedangkan harapan sangat berharap dan berlebihan. Sehingga ketika impian tidak tercapai bisa mengalami stress. Mula-mula menderita stres ringan kemudian depresi, stress berat, dan emosi. Jika hal itu terjadi bisa mengakibatkan kurangnya produktifitas dan membahayakan kesehatan tubuh.

Berbagai sebab bisa menjadi pemicu terjadinya stres bagi seseorang. Misalnya masalah keluarga, masalah pekerjaan di kantor, masalah percintaan para remaja (oleh sebab itu, para remaja sering mencari informasi mengenai cara menghilangkan stress karena cinta), masalah di lingkungan sosial, masalah ekonomi, dan lain sebagainya. Jika masalah tersebut dibiarkan berlarut bisa menyebabkan stres atau gangguan kesehatan badan baik dari luar maupun dalam. Oleh karenanya, perlu dicari jalan keluar dari semua masalah tersebut agar terhindar dari stres.

Cara Menghilangkan Stres Menurut Islam Yang Terbukti
Ada banyak cara dan versi menghilangkan stres pikiran secara cepat yang bisa dilakukan pada remaja maupun seseorang. Misalnya pergi ke dokter psikologi. Adapun bagi penganut agama Islam ada cara ampuh untuk menghilangkan stress secara alami dan mudah seperti membaca Al-Qur’an, shalat sunat, dan berdzikir kepada Allah SWT. Firman Allah SWT dalam Al Qur’an : Ingatlah hanya dengan mengingat Allah SWT hati kalian akan menjadi tenang.

Berikut ini sejumlah cara mudah dan alami untuk menghilangkan stress secara cepat dan mudah tanpa mengeluarkan biaya besar. Diharapkan dengan melakukan demikian, sobat bisa terhindar diri dari stress. Cara pertama, yang biasa penulis lakukan untuk meredakan stress dan ketegangan adalah menghentikan aktifitas pekerjaan dan keluar dari kantor. Kemudian melihat pemandangan dan menghirup udara segar sejenak. Hal itu dilakukan beberapa menit. Setelah badan dan mata kembali segar dan fresh maka dilanjutkan pekerjaan kembali dengan lebih produktif tidak stress lagi. Langkah berikutnya cara menghilangkan stress menurut agama Islam adalah melakukan wudhu dan salat sunat. Penyembuhan dengan air bisa dilakukan dengan cara berenang maupun berendam.

Cara menghilangkan stress berikutnya yang terbukti efektif adalah melakukan kegiatan olahraga yang disenangi. Misalnya, main catur, tenis meja, badminton, renang, sepakbola, lari dan olahraga lain sebagainya. Dengan melakukan olahraga sesuai hobi maka pikiran stres bisa sedikit mereda dan bahkan badan menjadi sehat. Mengapa dengan berolahraga, stress bisa menjadi hilang dengan cepat? Berdasarkan penelitian dari kedokteran pada saat berolahraga tubuh kita menghasilkan hormon penenang pikiran. Oleh karenanya, manfaatkanlah hobi olahraga anda pada bidang tertentu sebagai obat mengatasi stres.

Teknik untuk meredakan stress selanjutnya adalah sebuah teknik sederhana namun manjur pada saat itu. Caranya tarik napas dalam-dalam lalu penjamkanlah mata anda dan bayangkanlah anda berada di tempat yang paling anda senangi, indah dan nyaman misalnya di pantai. Rasakanlah kesejukan, angin semilir, dan udara segar. Rasakanlah anda sedang rileks pada saat itu dengan terbebas dari semua beban pekerjaan dan masalah. Kemudian setelah beberapa menit, buka mata anda. Maka anda akan terkejut dengan cara ini dimana stress yang anda alami bisa berkurang secara cepat. Ini disebut pula teknik imajinasi atau pembayangan diri untuk menghilangkan stress yang terbukti efektif dan ampuh dilakukan oleh orang yang mengalami stress.

Cara menghilangkan stress yang lain menurut ajaran islam yang bisa dicoba dengan cara melakukan meditasi atau menyendiri berpikir memahami diri sendiri. Rasulullah SAW seringkali pada waktu selesai salat sunat tahajud 11 rakaat menunggu salat subuh berpikir mengenai penciptaan alam semesta dan masalah lainnya. Berpikir di keheningan malam di saat orang sedang tidur terbukti efektif untuk menenangkan pikiran, emosi, dan mendekatkan diri kepada Allah SWT yang bisa menghilangkan stress. Banyak ide kreatif yang dihasilkan dari keheningan malam. Anda bisa melakukan teknik ini untuk meredakan stress apalagi sesuai dengan tuntutan dan ajaran dari Rasulullah SAW.

Lalu cara yang dianjurkan oleh agama Islam untuk meredakan stress adalah berdoa kepada Allah SWT atas segala permasalahan yang dihadapi. Berserah diri kepada Allah dan biarkan Allah SWT yang menyelesaikan setiap permasalahan dan problematika kehidupan anda. Oleh sebab itu, agar doa anda dikabulkan dalam menyelesaikan masalah maka terlebih dahulu harus menunaikan kewajiban kepada Allah SWT. Seperti rajin shalat tahajud dan sunat, rajin puasa, dan berbuat baik dan ibadah lain sebagainya. Allah SWT berfirman : Allah akan menolong seseorang selama orang itu mau menolong orang lain. Allah akan mengabulkan doa seseorang atas semua permasalahannya asalkan ia terlebih dahulu menunaikan kewajibannya kepada Allah SWT.

Langkah berikutnya untuk menghilangkan stress adalah berbagi atau curhat kepada sahabat dekat. Diharapkan beban masalah yang terdapat di pikiran dapat tersalurkan dengan baik. Apalagi sahabat karib bisa memberikan solusi atas masalah kita maka kita bisa terbebas dari penyakit stress. Menurut penelitian kedokteran, seorang manusia yang stress biasanya kurang berkomunikasi dengan orang lain. Masalah pribadi dipendam sendiri. Itulah pentingnya sosialisasi dan bergaul dengan orang lain. Bicaralah dan berbagilah masalah anda dengan orang lain untuk menghilangkan stress.

Nah cara terakhir adalah teknik menghilangkan stress yang paling disukai oleh penulis dan terbukti mujarab meredakan stress secara kilat yakni dengan melakukan hubungan intim dengan pasangan. Cara ini hanya berlaku untuk suami maupun isteri yang sudah menikah. Oleh karenanya, bagi para pemuda dan pemudi yang sudah mampu dan siap menikah maka segeralah menikah. Dengan menikah, penyakit stress akan berkurang secara cepat dan signifikan. Hal ini dirasakan sendiri oleh penulis. Yang pada awalnya sering mengalami stress setelah menikah stress berkurang drastis hingga 75 persen.

Pendek kata, untuk menghilangkan stress secara cepat dan alami adalah dengan melakukan segala sesuatu kegiatan yang menyenangkan. Lawan penyakit stress, emosi marah, dengan melakukan kegiatan yang menyenangkan. Seperti rekreasi, piknik, berhubungan suami isteri, membaca al Qur’an dan lain sebagainya.
Itulah cara menghilangkan stres menurut ajaran Islam yang terbukti ampuh. Mudah-mudahan artikel ini dapat berguna bagi para pembaca blog yang kita cintai ini.

Baca pula : 10 Cara Menghilangkan Rasa Malas

cara menghilangkan stres menghilangkan stres karena cinta menghilangkan stres pikiran menghilangkan stres secara islam obat stres sebab seorang stres tips menghilangkan stres

No related post!

Leave a reply

10 − 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.