Gini Lho Cara Membuat Caption Instagram Yang Bijak Agar Tidak Salah Kaprah!

2731 views

Berbicara tentang sosial media, kayaknya gak akan ada habisnya ya malah semakin banyak sosial media baru yang kini bermunculan. Mulai dari Friendster, beralih ke facebook yang kian booming, kemudian twitter yang namanya kini makin meredup. Tidak cukup sampai di 3 sosial media lawas tersebut, perkembangan pun terus berlanjut hingga instagram, snapchat, path, dan yang terakhir adalah bigo live yang bisa membuat orang berkomunikasi tatap muka secara nyata layaknya menggunakan aplikasi Skype.

Kalau mau membahas satu persatu sosial media diatas kayaknya tidak akan pernah selesai ya, untuk itu kita akan membahas tentang sosial media yang memiliki fungsi untuk mengunggah foto dan sering digunakan untuk berjualan secara online yaitu Instagram. Ngomong-ngomong tentang Instagram nih, rasanya kurang afdol ya kalau mengunggah foto di akun instagram ini tanpa dilengkapi dengan caption.

caption instagram bijak

Sosial media Instagram yang menjadi primadona, via www.imaginatedecor.com

Lalu apa sih caption itu? Untuk kamu yang belum tahu, caption adalah sebuah diskripsi atau penjelasan suatu gambar yang sifatnya singkat. Nah, dengan menggunakan caption maka orang yang melihat gambar milikmu akan semakin memahami maksud dari foto tersebut, meskipun tanpa caption mungkin sebagian orang telah mengetahuinya. Meskipun begitu, sepertinya foto instagram tanpa caption bagaikan lautan tanpa ombak dan sayur tanpa garam alias hambaarrrr. Jadi, Foto instagram akan lebih baik dan menarik bila dilengkapi dengan sebuah penjelasan yang memiliki makna didalamnya. Maka tak heran jika banyak orang yang menghabiskan waktu cukup lama hanya untuk memikirkan caption apa yang cocok untuk gambar yang akan diunggah. Tujuan dari membuat caption semenarik mungkin adalah untuk mencuri minat para follower instagram lainnya agar menyukai foto tersebut dan memberikan “like” atau bahkan komentar pada fotomu.

Ada berbagai jenis caption yang digunakan oleh pengunggah untuk membuat foto lebih terkesan hidup. Tidak sedikit dari para pengguna instagram yang mencoba menyematkan caption bijak pada setiap foto yang diunggahnya. Dan untuk menghasilkan caption yang benar-benar bijak mereka akan berfikir berulang kali untuk mendapatkan kata yang selaras dengan foto. Tak jarang dari mereka yang memilih untuk menyomot kata bijak dari para penyair atau ilmuan agar mendapatkan kata yang super bijak. Pemilihan caption bijak sebenarnya akan memberikan kesan yang dewasa dan wow bagi si pemilik akun tersebut, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi kamu yang ingin menaruh caption bijak sebagai diskripsi foto. Mau tahu apa saja yang perlu diperhatikan untuk membuat caption bijak? Simak beberapa penjabaran berikut yuk.

Sesuaikan Caption Bijak dengan Foto yang Bijak Juga

1

Hal yang utama dan paling penting dalam menyematkan caption adalah sesuaikan dengan kondisi, dan situasi dari foto yang akan kamu unggah. Pastikan bahwa foto tersebut pantas dan layak untuk dilengkapi dengan caption yang bijak bagaikan seorang motivator handal. Jangan sampai kamu salah kaprah dengan menyematkan caption bijak pada foto yang sama sekali tidak bijak. Bisa-bisa kamu seperti orang yang salah kostum pada acara tertentu, wah bisa malu banget tuh. Nah untuk menghindari hal tersebut, coba untuk menelaah lebih dalam foto mana yang pantas untuk dipadukan dengan caption bijak sebelum kamu unggah dan disaksikan jutaan pasang mata para instagramer. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan kata-kata caption tersebut dengan diskripsi gambar yang ada ya, hindari membubuhkan caption asal-asalan yang nantinya malah tidak bermakna sama sekali karena melenceng jauh dari fotonya.

3

Untuk kamu yang biasanya mengambil caption dari kata-kata bijak yang telah dibuat oleh para ahlinya dan dengan mudah mengambil dari internet, perlu untuk lebih cermat dalam memilih kata mana yang cocok untuk fotomu. Karena saking banyaknya kata-kata bijak, kamu malah kelupaan untuk menyelaraskan dengan foto yang kamu punya, hanya tergiur dengan kata-kata yang dapat menghipnotis dirimu sendiri. Kejadian caption yang tidak sesuai dengan foto biasanya sering terjadi kepada mereka yang memilih mengambil kata-kata berbahasa inggris. Menggunakan caption berbahasa inggris memang akan membuat pemilik akun terlihat keren, tapi penilaian tersebut akan sirna jika kamu tidak pandai memilih yang sesuai dengan foto. Banyak diantara mereka yang hanya membaca sekilas caption berbahasa inggris dan kemudian meletakkannya pada foto yang diunggah tanpa mengartikannya terlebih dahulu apakah sesuai atau tidak. Kan sayang sekali ya kalau captionnya sudah keren berbahasa inggris dan bijak banget, tapi malah tidak sesuai dengan foto yang ada, nanti orang yang membaca malah bingung maksud dari foto tersebut hehe. Gak mau kan jadi gagal bijak karena pemilihan foto dan kata-kata yang tidak sesuai? Yap mulai sekarang lebih jeli lagi ya guys.

Buatlah Caption Singkat, Padat, dan Mengena di Hati Pembaca

Jangan bandingkan orang yang mencintaimu dengan masa lalumu. Hargai dia yang kini berusaha membuatmu bahagia.”

“Seberat apapun beban masalah yang kamu hadapi saat ini, percayalah bahwa semua itu tidak pernah melebihi batas kemampuan kamu.”

“Percayalah, cinta sejati akan menjadi milikmu ketika kamu dan dia mampu SETIA.”

Tips kedua agar caption bijak kamu tidak gagal total adalah membuat kata-kata yang singkat, padat dan pastinya mengena di hati orang yang nantinya mampir untuk membaca captionmu. Tahu sendiri kan bahwa kata-kita bijak biasanya hanya terdiri dari beberapa kata namun memiliki makna yang sampai menyentuh hati para pembacanya. Hindari untuk membuat caption yang panjang dan lebar karena nantinya akan terlihat alay dan maknanya tidak sampai kepada para pembaca. Mungkin caption yang panjang akan menjelaskan secara detail maksud dari foto tersebut, tapi lebih baik untuk memberikan kata yang singkat jika itu berupa kata-kata bijak. Dengan kata-kata yang singkat dan padat maka orang akan lebih mudah mengingat dan mengambil inti dari caption tersebut. Jangan sampai kamu mendapatkan julukan alay dari para pembaca, padalah maksud hati adalah ingin menjadi bijak. Untuk itu, mulailah untuk memilah-milah dan membuatnya menjadi singkat namun merasuk dalam jiwa pembaca jika kamu ingin memberikan caption bijak pada fotomu.

Yap, itu dia dua tips yang dapat kamu gunakan sebagai referensi sebelum mengunggah dan membuat caption bijak pada fotomu. Pemilihan foto dan caption yang tepat akan menambah peminat pada akun instagram kamu. Untuk itu lebih jeli lah dalam memadu padankan foto dan caption pada setiap unggahanmu.

caption bijak caption instagram Kata motivasi untuk caption instagram Membuat Caption Instagram

Baca Juga

Leave a reply

3 × 3 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.