Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Pada Acara Ngabuburit Di Bulan Ramadhan Agar Asyik Dan Bermanfaat

656 views

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Pada Acara Ngabuburit Di Bulan Ramadhan Agar Asyik Dan Bermanfaat– Ramadhan telah tiba. Dan sebagai kaum muslimin kita dikenakan kewajiban berpuasa pada bulan suci ini sebulan penuh. Setelah azan subuh hingga adzan maghrib, kaum muslimin menahan diri dari makan dan minum serta hal terlarang lainnya. Dan pada waktu sore hari menjelang berbuka puasa banyak hal dilakukan orang muslim untuk mengisi waktu menjelang buka puasa. Istilah ini di tanah sunda atau di Indonesia disebut juga dengan nama kebiasaan ngabuburit artinya bukan ngabubur beurit tapi melakukan berbagai kegiatan positif yang dianjurkan oleh agama Islam untuk menunggu datangnya waktu berbuka puasa yang dinanti-nanti.

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Pada Acara Ngabuburit Di Bulan Ramadhan Agar Asyik Dan Bermanfaat

Kegiatan Ngabuburit via yurizqaputri.blogspot.com

Kewajiban melaksanakan ibadah puasa pada bulan Ramadhan selama satu bulan penuh bukan hanya dikenakan bagi umat Islam di seluruh dunia. Tapi juga umat manusia sebelum kita. Sebagaimana Allah SWT berfirman : “Wahai orang-orang yang beriman telah diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas umat-umat sebelum kalian supaya kalian bertakwa”.

Lalu apa saja yang biasa sobat lakukan untuk menanti datangnya saat buka puasa? Tentu setiap orang memiliki kebiasaan ngabuburit yang berbeda. Ada yang bermain sepeda, membaca buku, beribadah di masjid, membaca Al Quran dll. Kebiasaan ngabuburit sangat baik dilakukan untuk mengalihkan rasa dahaga dan lapar agar sukses berpuasa sebulan penuh. Ngabuburit merupakan hal bagus selama digunakan untuk hal positif. Sedangkan jika aktifitas ngabuburit untuk kegiatan negatif maka hal itu terlarang dalam agama Islam. Sebagaimana telah disindir oleh Rasulullah SAW : “Berapa banyak orang yang berpuasa tapi ia sama sekali tidak mendapatkan apa pun dari puasanya kecuali rasa lapar dan dahaga.”

Kegiatan Yang Bisa Dilakukan Pada Acara Ngabuburit Di Bulan Ramadhan Agar Asyik Dan Bermanfaat

Berikut ini sejumlah kegiatan ngabuburit yang bisa dilakukan seseorang menjelang buka puasa yang berguna agar sukses berpuasa dan mendapatkan pahala yang sangat besar dari Allah SWT.

1. Tidur

Tidur

Tidur via lazuardistory.blogspot.com

Aktifitas tidur merupakan hal yang bisa dilakukan seseorang dalam ngabuburit menjelang buka puasa untuk mengalihkan rasa lapar dan haus dahaga. Sebuah petuah bijak menyatakan bahwa tidurnya orang yang lelah dan sedang saum termasuk ibadah. Benarlah perkataan tersebut daripada melakukan perbuatan negatif yang dilarang oleh agama Islam. Namun ada yang lebih baik dari tidur yaitu menggunakan waktu untuk kegiatan yang positif dan produktif serta berpahala jelang buka puasa. Sebelum tidur sebagai ngabuburit hendaklah berdoa sebelum istirahat tidur : “Bismika Allahumma ahya wa amuut. Ya Allah dengan nama Engkau yang Maha Menghidupkan dan yang mematikan aku tidur.”

Maksud tidur merupakan ibadah di sisi Alllah SWT adalah ketika tidur dipergunakan untuk beristrahat agar bisa melaksanakan berbagai ibadah selanjutnya seperti salat tarawih, membaca Al Quran, salat sunat, dan ibadah lainnya ketika bangun dari tidur dalam keadaan segar bugar dan penuh semangat dan produktif. Tapi jangan banyak tidur. Sebab itu kurang baik dari segi kesehatan, pemanfaatan waktu dan dilarang oleh ajaran agama Islam. Tidurlah ketika lelah, itulah istilah yang tepat bagi seorang muslim mengenai waktu yang tepat buat tidur. Dengan tidur yang mencukupi banyak hal positif yang bisa diraih seseorang.

2. Menonton Film atau Televisi yang bersifat mendidik

 Menonton Film atau Televisi yang bersifat mendidik

Menonton Film via bumisandiwara.blogspot.com

Siapa bilang menonton televisi tidak bermanfaat dan hanya menghabiskan waktu secara percuma. Jika menonton berita yang positif dan menonton film yang bersifat keagamaan, bermutu dan memotivasi kebaikan tentu bermanfaat bagi penonton untuk pengembangan diri. Pendek kata, apabila sobat sedang malas jalan-jalan ke luar sebagai alternatif ngabuburit adalah menonton film dan televisi di dalam rumah. Film dan program TV yang ditonton haruslah mendidik, berkualitas baik dan bermanfaat.

3. Berolahraga

Berolahraga

Berolahraga via bumisandiwara.blogspot.com

Dalam badan yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Begitulah kata mutiara yang tepat mengenai pentingnya olahraga dalam menjaga kesehatan badan dan kesehatan jiwa. Aktifitas berikutnya yang bisa dilakukan sobat dalam rangka menunggu saat berbuka puasa atau ngabuburit adalah berolahraga. Olahraga di sini adalah olahraga yang ringan. Seperti jalan kaki memutari rumah, lari kecil dll menjelang waktu buka puasa. Sebab jika berolahraga yang berat di saat ngabuburit tentu semakin membuat lapar dan dahaga ketika sobat berpuasa.

4. Membersihkan rumah

Membersihkan rumah

Membersihkan rumah via boomerangsukabumi.blogspot.com

Kegiatan positif lainnya yang bisa dikerjakan untuk menunggu waktu buka puasa alias ngabuburit adalah membersihkan rumah. Mungkin lantai rumah kotor maka kita bisa membersihkannya. Menyapu lantai rumah dan pekarangan rumah sehingga bersih. Dengan demikian kuman penyakit akan hilang serta lingkungan rumah bersih dan tampak indah. Kegiatan membersihkan rumah dan halaman sekitar walaupun tampak sepele tapi jika dilakukan dengan tulus ikhlas akan berpahala di sisi Allah SWT. Sebagaimana sebuah hadis mengatakan bahwa Allah SWT itu Maha Indah dan menyukai keindahan. Lalu sabda Rasulullah SAW bahwa kebersihan sebagian dari iman.

Kalau sobat punya banyak waktu luang dalam rangka ngabuburit menunggu buka puasa melakukan kegiatan bersih-bersih rumah dan halaman adalah hal tepat. Selain lingkungan bersih, sobat dan keluarga bisa terhindar dari penyakit serta diberikan pahala oleh Allah SWT. Aktifitas membersihkan rumah mencakup membersihkan kamar-kamar, dapur, kamar mandi, kamar tidur, dan kamar lain sebagainya. Jika dilakukan dengan senang hati pastinya tak terasa waktu bergulir dan saat buka puasa pun tiba. Kegiatan ini juga bermanfaat untuk mempersiapkan menjelang hari raya lebaran yang tentu rumah sobat akan dikunjungi para sanak kerabat dan tamu lainnya.

5. Membaca Al Quran atau membaca buku

 Membaca Al Quran atau membaca buku

Membaca buku via iclubmadiun.blogspot.com

Membaca Al Quran merupakan salah satu kegiatan positif yang bisa dilakukan menjelang buka puasa. Allah SWT akan memberikan pahala yang besar kepada setiap orang yang membaca Al Quran. Pahala dihitung berdasarkan jumlah huruf yang dibaca. Namun selain membaca Al Quran harus dilanjutkan dengan mentadabburi Al Quran atau memahami apa isi yang terkandung dalam ayat suci Al Quran yang telah dibaca tersebut.

Kegiatan selanjutnya yang tak kalah positif dan menarik serta berpahala dalam acara ngabuburit atau menunggu waktu berbuka puasa adalah membaca buku. Apalagi jika sobat hobi membaca buku akan menjadi sebuah acara ngabuburit yang menyenangkan. Adapun buku yang dibaca sobat bisa tema buku apa saja yang disukai. Misalnya buku novel, manajemen bisnis, pendidikan, agama, motivasi, pengembangan diri dan buku jenis lain sebagainya.

6. Melakukan kegiatan sosial

Melakukan kegiatan sosial

Melakukan kegiatan sosial via kimtlogomas.wordpress.com

Kegiatan sosial yang dilakukan selain berpahala juga untuk meningkatkan kepekaan sosial kita terhadap orang tak mampu. Seperti mengadakan acara membagikan makanan atau takjil secara gratis kepada anak-anak yatim piatu di panti asuhan. Jadi melakukan kegiatan sosial merupakan salah satu kegiatan yang bisa dilakukan pada acara ngabuburit di bulan Ramadhan agar asyik dan bermanfaat

7. Berwisata Kuliner

Berwisata Kuliner

Berwisata Kuliner via nelva-amelia.blogspot.com

Kegiatan ini sangat cocok dilakukan pada saat menunggu berbuka puasa sambil mempersiapkan menu makanan berbuka puasa, cemilan, dll. Misalnya berjalan-jalan ke pasar tradisional, pasar tumpah, pasar dadakan, dan lain-lain yang umumnya telah tampak di keramaian tatkala sebentar lagi buka puasa. Selain berwisata kuliner, sobat bisa pula berwisata melihat pemandangan alam yang indah di lingkungan sekitar atau di daerah sobat. Tips berwisata kuliner adalah senantiasa menjaga keamanan dan menjaga uang serta memilih kuliner yang halal dan bergizi

8. Melakukan hobi

Melakukan hobi

Melakukan hobi via diengindonesia.com

Jika sobat suka menulis maka bisa menyalurkan hobi sobat dengan menulis artikel yang bermanfaat kemudian di posting di blog sobat. Apabila sobat hobi fotografi maka bisa berjalan-jalan di lingkungan sekitar untuk mengabadikan momen menarik di bulan Ramadhan. Melakukan hobi adalah salah satu kegiatan yang bisa dilakukan pada acara ngabuburit di bulan suci Ramadhan agar asyik dan bermanfaat

9. Membuka gerai usaha

Membuka gerai usaha

Membuka gerai usaha via bumisandiwara.blogspot.com

Salah satu kegiatan positif yang bisa dikerjakan dalam rangka menunggu buka puasa adalah berdagang menu kuliner buka puasa. Seperti berdagang kolak, es buah, cendol, dan kuliner lainnya. Acara ini bisa menambah uang jajan dalam jumlah yang cukup besar.

Demikianlah kegiatan yang bisa dilakukan pada acara ngabuburit di bulan Ramadhan agar asyik dan bermanfaat.  Sehingga ibadah puasa yang dijalani semakin berguna bagi diri sendiri dan orang lain. Semoga bermanfaat artikel ini bagi para pembaca yang sedang berpuasa.

Baca juga artikel terkait : Makna Ungkapan Motivasi Kejarlah Cita-Citamu Setinggi Langit

berita ngabuburit kegiatan ngabuburit ngabuburit artinya ngabuburit mp3 ngabuburit ramadhan tips ngabuburit asyik tips ngabuburit bermanfaat

No related post!

Leave a reply

5 + 2 =