Kredit Motor Itu Gampang Banget! Yang Penting Kamu Tahu Apa Keuntungan dan Kerugiannya

709 views

Memiliki sebuah kendaraan bermotor memang merupakan sebuah kebutuhan pokok pada jaman sekarang ini. Bahkan, pada satu rumah terdapat lebih dari satu buah motor karena petingnya hal tersebut untuk memobilisasi kegiatan sehari-hari.

kredit motorUntuk membeli sebuah motor, ada dua cara yang bisa anda lakukan, yakni dengan membelinya secara kontan ataupun dengan melakukan kredit motor. Cara kedua merupakan cara yang banyak sekali dipilih saat ini karena beberapa kalangan memang belum mampu jika harus membelinya secara kontan.

Selain memilih motor apa yang akan anda beli dengan cara kredit, anda juga harus memahami beberapa hal lainnya dalam kredit motor agar nantinya tidak menyesal. Hal-hal tersebut ialah sebagai berikut :

  1. Asuransi Motor

Ketika anda melakukan kredit motor, maka biasanya secara otomatis kendaraan anda akan mendapatkan asuransi. Agar anda lebih memahami asuransi tersebut, jangan sungkan-sungkan untuk menanyakan perihal asuransi ini.

Dimulai dari apa saja yang termasuk dalam asuransi hingga bagaimana anda bisa mengklaim asuransi tersebut. dengan begini, maka anda bisa mendapatkan beberapa kemudahan jika nantinya terjadi hal yang buruk.

  1. Fasilitas Kredit Motor

Jangan lupa juga untuk menanyakan fasilitas yang bisa anda terima dalam proses kredit motor tersebut. Karena biasanya banyak sekali tim marketing dealer di sekitar anda, jadi anda bisa menanyakannya dengan leluasa.

Harga angsuran yang biasanya ditawarkan oleh tim marketing masih bisa ditawar, jangan lupa untuk melakukan negosiasi agar bisa mendapatkan harga terbaik. Proses negosiasi ini biasanya akan berjalan dengan lebih mudah jika anda sudah mengenal orang tersebut.

  1. Denda Keterlambatan Pembayaran

Denda karena keterlambatan anda dalam membayar angsuran kredit motor juga sebaiknya anda tanyakan dengan jelas. Seperti yang anda ketahui, banyak orang yang meremehkan hal ini hingga akhirnya ia merasa kesulitan dengan denda tersebut.

Jangan lupa tanyakan juga apakah ada sanksi lain yang akan anda terima jika anda terlambat dalam membayar angsuran.

  1. BPKB

Jika anda membeli motor dengan cara kredit, maka anda tidak bisa langsung memiliki BPKB. Itu sebabnya anda harus mengetahui dengan tepat kapan anda bisa menerima BPKB anda.

Jika anda sudah mengetahuinya dengan jelas, maka anda bisa merasa jauh lebih tenang dalam membayar angsuran kredit motor anda setiap bulannya.

  1. Jangka Waktu Kredit

Anda bisa melakukan kredit motor dalam jangka waktu tertentu. Tergantung dengan kemampuan anda membayar angsuran setiap bulan dan besarnya uang muka yang anda berikan.

Selain beberapa hal di atas, anda juga harus mempertimbangkan kontrak kerja yang sekarang ini sedang anda jalani. Jika kontrak anda tidak lebih dari tiga tahun lagi, maka sangat dianjurkan agar anda memilih jangka waktu kredit dua tahun saja.

keuntungan dan kerugian kredit motorJika anda sudah memahami beberapa poin di atas, kini barulah saatnya anda mengetahui keuntungan dan kerugian kredit motor baru juga keuntungan dan kerugian kredit motor bekas. Adapun keuntungan dan kerugiannya adalah sebagai berikut :

Kredit Motor Baru

  1. Keuntungan
    • Biaya yang terasa lebih ringan, dimana anda hanya perlu mengeluarkan DP berkisar tiga jutaan dibanding harus langsung mengeluarkan uang sebesar 15 jutaan.
    • Anda bisa langsung mendapatkan barang yang anda inginkan meskipun uang yang anda miliki belum cukup.
    • Membuat anda menjadi lebih disiplin dalam pengeluaran setiap bulan karena anda harus membayar cicilan dalam jumlah pasti setiap bulan
  2. Kerugian
    • Anda harus terus menerus mengeluarkan uang dalam jumlah yang sama sehingga bertahun-tahun.
    • Dengan melakukan kredit motor, itu artinya anda harus siap motor anda akan disita kapan saja jika anda tidak lagi sanggup membayar cicilannya.
    • Meskipun anda merasa lebih ringan membeli motor dengan cara kredit, namun jika dihitung kembali maka sebenarnya jumlah yang anda bayar jauh lebih mahal dibanding jika anda membelinya secara kontan.

kredit motor bekasKredit Motor Bekas

  1. Keuntungan
    • Harganya lebih murah. Hal ini tentu menjadi pertimbangan pertama bagi mereka yang memang kondisi keuangannya sedang tidak dalam keadaan baik.
    • Pajak motor bekas lebih ringan. Mengapa? Karena semakin baru sepeda motor, maka semakin besar pajak yang harus dibayar setiap tahunnya.
    • Jenis motor yang anda inginkan biasanya langsung tersedia. Berbeda jika anda ingin jenis motor terbaru, dimana anda harus menunggunya beberapa saat lagi hingga motor tersebut tersedia di dealer terdekat.
  2. Kerugian
    • Kondisi mesin tidak lagi terjamin. Meskipun motor belum dipakai terlalu lama, namun tetap saja anda tidak bisa menjamin keadaan mesin motor yang sudah digunakan oleh orang lain.
    • Repotnya mengurus balik nama. Anda memang dianjurkan untuk langsung mengubah nama pemilik motor tersebut, namun proses ini biasanya sedikit merepotkan dan membutuhkan biaya yang tidak sedikit pula.
    • Tidak Terdapat Asuransi Leasing. Berbeda dengan anda kredit motor baru, kredit motor bekas tidak memberikan anda asuransi. Hal ini menyebabkan sedikit ketidak amanan pada pemakaian dan kehilangan motor yang bisa saja terjadi.

dunia otomotif kerugian kredit motor bekas keuntungan kredit motor baru kredit motor pecinta otomotif

Related Post

Leave a reply

5 × 4 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.