Tips Agar LDR-mu Tidak Menjadi Lost Distance Relationship!

944 views

Long Distance Relationship (LDR) bukan lagi menjadi sebuah hubungan asing di kalangan remaja. Hubungan jarak jauh ini makin meningkat dari tahun ke tahun. Jarak yang ditempuh dapat berupa antar kota, daerah, negara, maupun benua.

Meskipun dari tahun ke tahun jumlah hubungan LDR makin bertambah, namun tidak banyak pula yang dapat mempertahankannya. Banyak faktor yang dapat membuat hubungan LDR kandas, dan faktor yang paling utama adalah jarak yang begitu jauh. Terutama bagi siswa-siswi SMA yang ingin melanjutkan studi di luar kota atau luar negeri.

Hubungan jarak jauh memang terlihat mudah. Hanya saling berjanji bahwa jarak tak akan akan memutuskan hubungan, maka LDR pun dijalankan. Namun, banyak yang lupa bahwa hubungan jarak jauh membutuhkan hati yang teguh serta logika yang kuat.

Baca Juga : Gaya nga-date Ala Pejuang LDR

Kalau kamu nggak mau Long Distance Relationship-mu menjadi Lost Distance Relationship (hubungan jarak jauh yang hilang), ada baiknya kamu melakukan hal-hal berikut ini.

Kuatkan Keyakinan dan Kepercayaan

Saling yakin dan percaya

Saling yakin dan percaya positiveattitudematters.com

Keyakinan dan kepercayaan merupakan fondasi dasar untuk membangun hubungan jarak jauh. Kamu dan pasanganmu harus sama-sama yakin, bahwa jarak yang jauh tak akan menjadi masalah utama dalam hubungan kalian. Yakinlah, jika hubungan jarak jauh ini harus dilakukan, maka pasanganmu adalah orang yang tepat untuk ditunggu pulang.

Tak hanya itu. Kalian sama-sama yakin, tetapi tidak saling percaya, lantas buat apa? Kalian akan mudah terhasut oleh berita negatif yang belum tentu benar. Maka dari itu, kalian harus saling percaya yang tentunya diimbangi dengan logika. Jangan berprasangka buruk dan cobalah untuk selalu terbuka serta jujur untuk selalu melaporkan aktivitas sehari-hari pada pasanganmu.

Untuk Menjalin Komunikasi yang Baik, Kamu Bisa Memanfaatkan Teknologi

Manfaatkan teknologi untuk berkomunikasi

Manfaatkan teknologi untuk berkomunikasi via howibecametexan.com

Jangan anggap sepele komunikasi dalam hubungan jarak jauh. Komunikasi merupakan salah satu kunci agar hubungan jarak jauh tetap langgeng. Kamu nggak perlu lagi menulis surat dan menunggu balasan selama berhari-hari. Teknologi modern semakin memudahkanmu untuk tetap menjaga informasi dengan pasanganmu.

Telepon dan SMS juga bisa menjadi salah satu jalan untuk menjaga komunikasi. Ditambah lagi, kini ada fasilitas video call menggunakan aplikasi Skype atau LINE. Kamu juga nggak perlu pusing memikirkan biaya per sms yang akan habis, karena sudah ada instant messenger seperti WhatsApp, YM, BBM, dan semacamnya.

Meskipun Hubungan Kalian Lancar, Hindarilah Komunikasi yang Berlebihan

Hindari komunikasi berlebihan

Hindari komunikasi berlebihan via www.theverge.com

Teknologi memang membantu kalian untuk memperlancar komunikasi. Kamu nggak perlu menunggu balasan berhari-hari atau berbulan-bulan untuk melihat wajah pasanganmu. Namun, perlu diingat, jangan terlalu menanyakan kabar dan apa yang sedang dilakukan pasanganmu.

Lho, kenapa? Ya, karena pasanganmu akan merasa tidak memiliki privasi untuk diri sendiri. Terlalu sering mengirim pesan akan membuat kesan ‘spesial’ menjadi biasa saja. Belum lagi jika pasanganmu akan menaruh curiga karena terlalu sering bertanya. Jangan sampai hal ini terjadi.

Jangan Sepelekan Hal-Hal Kecil, Seperti Ungkapan Sayang Atau Kejutan Kecil

Berikanlah kejutan kecil

Berikanlah kejutan kecil via www.jewelrywise.com

Ketika LDR, hal-hal kecil saja bisa menjadi sesuatu yang besar dan sangat berarti bagi pasanganmu. Misalnya, tanpa perlu menunggu momen tertentu, ucapkanlah kalimat sayang pada pasanganmu. Atau bisa saja menanyakan bagaimana harinya berjalan serta menyemangati ketika ujian.

Contoh lainnya adalah ketika kamu sedang hang out bersama teman-temanmu, kirimkanlah foto supaya pasanganmu percaya apa yang sedang kamu lakukan. Hal tersebut juga bisa membuat pasanganmu mengenal siapa saja teman di sekitarmu.

Jangan lupa dengan kejutan kecil yang bisa kamu kirimkan setiap ulang tahun, anniversary, atau ketika pasanganmu berhasil meraih sesuatu. Sebenarnya, tak perlu menunggu momen-momen seperti itu. Kirimkan saja kado kejutan kapanpun, tak perlu sesuatu yang mahal, yang penting bisa membuat pasanganmu merasa bahwa kamu tetap memberikan perhatian padanya.

Cobalah Untuk Selalu Terbuka dan Jujur

Selalu terbuka dan jujur

Selalu terbuka dan jujur via www.geckoandfly.com

LDR tetap saja hubungan pacaran biasa. Dalam berpacaran pun, kamu dituntut untuk jujur dan terbuka terhadap pasangan.

Begitu pula dengan hubungan jarak jauh. Cobalah untuk selalu terbuka dan jujur dengan pasanganmu. Jika di antara kalian ada sesuatu yang kurang sesuai, ungkapkanlah dengan terbuka.

Hal ini dapat menghindarkan kalian dari ancaman kandasnya hubungan LDR. Kalau kalian mau saling terbuka, masalah dalam hubungan jarak jauh dapat diatasi dengan kepala dingin, tanpa perlu ada ancaman putus hubungan.

Tetap Jalani Aktivitasmu, Life Must Go On

Tetap jalani aktivitasmu

Tetap jalani aktivitasmu via www.duchy.ac.uk

Hubungan jarak jauh bukan merupakan alasan untuk selalu memikirkan pasanganmu. Kamu masih punya segudang aktivitas yang harus dijalani. Kalau kamu terus-terusan memikirkan pasanganmu, hidupmu akan berhenti di tempat. Sementara yang lain sudah lima langkah di depan, kamu masih setia di tempat yang sama sambil meratapi nasibmu menjalani LDR.

Pasanganmu juga pasti menginginkan perubahan pada dirimu ketika kalian kembali bertemu. Hubungan jarak jauh harusnya dapat menghasilkan sesuatu, sehingga kalian semakin mantap untuk menjalani bagian selanjutnya.

Tetap jalani aktivitasmu dengan baik. Carilah aktivitas yang membuatmu tidak terus-terusan memikirkan pasangan. Jika kamu tidak menjalankan kegiatan dengan baik, hal ini juga akan berpengaruh pada hubungan jarak jauhmu.

Pasanganmu Boleh Saja Jauh, Tetapi Kamu Tetap Punya Teman di Sekitarmu

Jangan merasa kesepian, kamu punya banyak teman di sekitarmu

Jangan merasa kesepian, kamu punya banyak teman di sekitarmu via www.marianapolis.edu

Kamu pasti pernah merasa kesepian ketika pasanganmu berada sangat jauh denganmu. Kapan pun kamu bisa melihat pasangan lain yang bisa menghabiskan waktu bersama. Bisa jadi sahabatmu punya acara sendiri dengan psangannya setiap malam minggu. Jangan terhanyut pada perasaan itu!

Ingat, temanmu tidak hanya satu. Carilah teman sebanyak mungkin sehingga kamu tidak merasa kesepian ketika salah satu temanmu ada acara dengan pasangannya. Kamu juga bisa mencari kegiatan atau hobi baru, yang selama ini belum pernah kamu jalani. Hal ini bisa mengobati rasa sepimu ketika tidak bisa berkencan dengan pasanganmu. Bersosialisasilah dengan baik, maka kamu tidak akan merasa kesepian.

Masih banyak cara untuk mempertahankan hubungan jarak jauh dengan pasanganmu. Bisa saja kamu menemukan caramu sendiri agar hubungan kalian tetap awet. Hal-hal dasar yang perlu diingat adalah kalian harus saling percaya, terbuka, serta tidak mudah terpengaruh gosip mengenai pasangan masing-masing.

Hindari melibatkan perasaan berlebihan pada hubunganmu. Long distance relationship menuntutmu untuk selalu menggunakan logika. Kalau kamu menemui sesuatu yang janggal, komunikasikanlah pada pasanganmu. Gunakan kepala dingin, jangan mudah terpancing emosi. Good luck!

cinta jarak jauh hubungan antara pasangan hubungan asmara hubungan jarak jauh hubungan percintaan Long Distance Relationship

Baca Juga

Leave a reply

2 × 1 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.